Monday, September 15, 2014

Pasta Gigi Fluoride Tinggi Tak Bunuh Bakteri?

Pasta Gigi Fluoride Tinggi Tak Bunuh Bakteri?PASTA gigi Anda tidak dapat melawan kerusakan gigi dan bau mulut? Jangan salahkan bakteri di mulut Anda. Penelitian baru menunjukkan, bakteri memiliki mekanisme untuk melawan toksisitas fluoride.  
Sebagian besar sel hewan dapat melindungi diri dari kontak langsung dengan fluoride, namun unsur beracun ini dapat menghancurkan organisme bersel tunggal seperti bakteri dan jamur. Akibatnya, membran plasma bakteri atau jamur yang dilawan akan mengeluarkan dua jenis protein untuk menangkal sel fluoride yang tidak diinginkan.
 
"Saluran ion 'Fluc'-fluoride yang spesifik muncul dari membran sel bakteri adalah kuncinya," kata Christopher Miller dari Brandeis University di Massachusetts, Amerika Serikat.
 
Miller dan timnya melihat saluran fluc ini sebagai saluran pasif yang dapat berfungsi untuk melindungi bakteri dari fluoride.
 
Para penulis penelitian juga menemukan, fluoride dapat berakumulasi dengan bakteri E. coli yang tidak memiliki fluc ketika lingkungan di luar asam.
 
Dalam lingkungan asam, fluoride dapat masuk dalam sel dan membentuk HF (asam fluorida) yang dengan mudah menembus membran dan merusak sel yang keasamannya lebih rendah.
 
"Fluc menyediakan sarana untuk sel melindungi diri dari ion fluoride tinggi," telaah Miller. Mereka juga menemukan bahwa proliferasi atau pertumbuhan sel baru bakteri terhenti setelah terpapar fluoride yang tinggi. Menargetkan saluran fluc dengan antibiotik bisa menjadi cara yang efektif untuk memperlambat pertumbuhan bakteri, simpul para peneliti, seperti dikutip Health Care Asia, Selasa (16/9/2014).
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment