Wednesday, September 24, 2014

Orang Kurus dengan Perut Buncit Harus Waspada

Orang Kurus dengan Perut Buncit Harus WaspadaPERUT buncit sudah menjadi masalah bagi banyak orang. Perut buncit bahkan tidak dialami oleh orang gemuk, tapi juga mereka yang bertubuh kurus.

Perut buncit sendiri terjadi akibat penimbunan lemak. Karenanya, hal inipun wajib diwaspadai karena dapat menjadi sumber masalah kesehatan. (Baca: Kebiasaan buruk pemicu perut buncit)

?Sekarang ini banyak orang diabetes justru berbadan kurus, tapi perutnya buncit. Ini harus diwaspadai karena ukuran lingkar perut juga bisa menjadi indikator penyakit gangguan metabolisme lainnya,?kata Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, dr Em Yunir, SpPD-KEMD.

Dr. Yunir juga mengatakan bahwa lemak di perut kebanyakan adalah lemak jahat. ?Lemak di perut itu lebih jahat daripada lemak di bagian lain,? kata dr. Yunir kepada Okezone di Jakarta, Rabu, 24 September 2014. (Baca: Olahraga lari tidak cocok bagi orang gemuk)

Menurut pendapat banyak ahli, yang juga disinggung oleh dr. Yunir, jaringan lemak di perut dapat menjadi tempat mutasi sel terjadi. Lemak dapat memacu produksi hormon yang mendorong sel-sel perut untuk membelah dan memberi kesempatan mutasi sel terjadi. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment