Monday, September 8, 2014

Olahraga Ringan Bisa Cegah Gagal Jantung

Olahraga Ringan Bisa Cegah Gagal JantungSALAH satu alasan seseorang rutin berolahraga adalah menurunkan berat badan, terutama bagi mereka yang kegemukan. Tetapi, sebenarnya berolahraga tidak hanya harus dilakukan orang yang gemuk karena manfaat kesehatannya lebih dari itu.  
Sebuah studi yang dilakukan oleh the American Heart Association menyebutkan bahwa berolahraga rutin bisa menurunkan risiko gagal jantung sebesar 46 persen. Rekan penulis penelitian Kasper Andersen, MD, Ph.D mengatakan bahwa seseorang yang paling aktif di waktu luang memiliki risiko lebih rendah mengalami gagal jantung.
 
"Khususnya mereka yang berisiko lebih besar, yaitu laki-laki lansia dengan BMI lebih tinggi, tingkat pendidikan yang lebih rendah, riwayat serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi," jelasnya, sebagaimana dikutip Womenshealthmag, Selasa (9/9/2014).
 
Meskipun begitu, Kasper Andersen mengatakan bahwa meningkatkan aktivitas fisik sama baiknya untuk wanita. Menurutnya, melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tidak terlalu tinggi juga dapat membuat perbedaan bagi kesehatan.
 
"Anda tidak perlu lari maraton untuk mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik. Bahkan, melakukan aktivitas fisik dengan intensitas rendah dapat memberikan efek yang positif." tuturnya.
 
Untuk diketahui, penelitian ini dimulai pada 1997 ketika para peneliti Swedia menganalisis 39.805 orang berusia 20-90 tahun tanpa penyakit gagal jantung. Sejak itu, para peneliti telah mengikuti tingkat kebugaran mereka dari waktu ke waktu melalui kuesioner tentang gaya hidup mereka, aktivitas fisik, merokok dan alkohol kebiasaan, dan penggunaan obat-obatan. Kemudian, pada akhir penelitian para peneliti membandingkan angka-angka tiap indikator untuk melihat bagaimana hubungannya dengan risiko mengembangkan gagal jantung.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment