Wednesday, September 24, 2014

Olahraga Lari Tidak Cocok untuk Orang Gemuk

Olahraga Lari Tidak Cocok untuk Orang GemukLARI merupakan salah satu olaharaga yang mudah dilakukan semua orang. Namun sebelum berolahraga lari, ada baiknya mengetahui kondisi fisik tubuh kita sendiri.  
dr Michael Triangto, SpKO dari Slim+Health, Sports Therapy Rumah Sakit Mitra Kemayoran, mengatakan bahwa sebelum berolahraga lari harus mengetahui apakah berat badan ideal atau tidak. Menurutnya, bila badan terlalu gemuk dipaksa berlari, maka lutut bisa sakit.
 
"Kalau lari, orang itu harus punya berat badan ideal. Kalau berat badannya 100 kilogram, maka tidak bisa dibayangkan bagaimana lutut itu harus menopang, pasti sakit," ujarnya kepada Okezone melalui sambungan telfon, Rabu 24 September 2014.
 
Karenanya, olahraga lari tidak disarankan bagi orang-orang yang bertubuh gemuk. Namun, imbuh dr Michael, mereka bisa memilih jalan cepat untuk mengganti lari.
 
"Jalan cepat saja kalau gemuk. Kalau berat badannya ideal baru boleh lari, ingin sampai sprint juga tidak apa-apa," tuturnya.
 
Lebih lanjut, dr Michael mengingatkan bagi orang-orang yang mempunyai berat badan ideal untuk mengecek kondisi lututnya sebelum berlari. Menurutnya, bagaimanapun bila memiliki berat badan normal tetapi lutut sedang nyeri, maka sebaiknya tidak lari dulu. (Baca: Memaksa olahraga saat sakit bisa fatal)
 
"Jadi, harus diperiksa dulu kondisi lututnya meskipun berat badannya normal. Kalau tidak ada nyeri lutut, maka tidak masalah untuk berolahraga lari," tutupnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment