Tuesday, September 9, 2014

Nyeri Perut Kanan, Pertanda Batu Empedu

Nyeri Perut Kanan, Pertanda Batu EmpeduBATU yang ada di saluran empedu, seringkali menimbulkan rasa nyeri di bagian perut kanan atas. Bahkan, tidak jarang penyakit batu saluran empedu menyebabkan seseorang mengalami mual dan muntah. Lalu, siapa sajakah yang berpotensi terkena penyakit batu saluran empedu?

Menurut Kepala Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Dr. dr. Dadang Makmun, SpPD-KGEH, FACG semua orang mempunyai kantung empedu yang bertugas untuk menampung semua cairan dari liver. Setelah itu, cairan empedu dialirkan secara berkala ke dalam usus 12 jari melalui saluran empedu.

"Karena fungsinya sebagai penampung, maka otomatis setiap orang berpotensi terkena penyakit batu saluran empedu, mula-mula mengendap kemudian lama kelamaan menjadi bentuk seperti pasir," ujarnya pada konferensi pers tentang Pelatihan Endoskopi Saluran Cerna Tahap Lanjut di Pusat Endoskopi Saluran Cerna RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa, 9 September 2014.

Lebih lanjut, Dr Dadang menjelaskan bahwa batu di saluran empedu ada tiga jenis. Jenis pertama adalah batu pigmen yang berwarna hitam, kemudian batu kolesterol berwarna kuning kehijauan.

"Jenis ketiga adalah campuran antara batu pigmen dan batu kolesterol, ini yang sering di Indonesia. Tetapi, kalau yang di kantung empedu bukan bidang kami sebagai ahli penyakit dalam untuk menanganinya, melainkan dokter bedah," jelasnya.

"Hal ini karena secara anatomi susah untuk dilakukan endoskopi, sehingga dokter bedah akan melakukan pembedahan," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment