Sunday, September 7, 2014

Ngemil Apel Tiap Hari Cegah Penyakit Kardiovaskular

Ngemil Apel Tiap Hari Cegah Penyakit KardiovaskularPENYAKIT kardiovaskular masih menjadi penyebab utama kematian di dunia. Terdengarnya memang menakutkan, tetapi sebenarnya untuk mencegah penyakit ini bisa dengan mengubah kebiasaan hidup sehari-hari, makan buah apel setiap hari contohnya.

Sebuah studi selama tujuh tahun yang dilakukan Dr Huaidong Du dari Oxford dan melibatkan hampir setengah juta peserta penelitian menyimpulan bahwa, konsumsi buah setiap hari mengurangi risiko pengembangan penyakit kardiovaskular sebesar 40 persen. Kategori kebiasaan subjek penelitian dalam mengonsumsi apel dicatat secara bulanan, satu sampai tiga hari per minggu, empat sampai enam hari per minggu atau setiap hari.

Dr Huaidong Du menjelaskan bahwa ada sekira 18 persen peserta yang mengonsumsi buah setiap hari dan 6,3 persen tidak pernah melakukannya. Jadi, menurut Dr Huaidong Du, jumlah rata-rata harian konsumsi buah dari peserta penelitian adalah 1,5 porsi atau 150 gram.

?Keseluruhan risiko terkena penyakit kardiovaskular berkurang 25 sampai 40 persen bagi mereka yang makan buah apel setiap hari. Selain itu, makan buah apel juga menurunkan tekanan darah,? ujarnya sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Senin (8/9/2014).

Menurut penelitian ini, konsumsi apel setiap hari dihubungkan dengan 3,4 mmHg tekanan darah sistolik lebih rendah dan tekanan darah diastolik 4,1 mmHg lebih rendah. Untuk diketahui, para peserta berasal dari 10 daerah di Cina sebanyak 451.681 orang yang tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular dan tidak minum obat hipertensi. (ren)

»

0 comments:

Post a Comment