Saturday, September 6, 2014

Musim Haji Selalu Ada Penyakit, Jangan Takut!

Musim Haji Selalu Ada Penyakit, Jangan Takut!HAMPIR di tiap musim haji, masyarakat selalu digemparkan dengan beberapa penyakit baru, misalnya penyakit MERS. Namun, Anda tidak perlu takut untuk menunaikan ibadah haji hanya karena isu tersebut.
 
Penemuan yang ada terhadap kasus penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) menunjukkan dari jumlah penderita sebanyak 838 orang, angka kematian terjadi pada 303 jiwa atau sekira 35 persen. Angka ini jauh berbeda dengan penyakit TB. Jadi, Anda para calon jamaah haji tidak perlu takut terhadap penyakit MERS, namun tetap dibutuhkan kewaspadaan.
 
?Terkait musim haji memang banyak timbul musim flu, seperti flu babi dan flu burung. Namun dari 838 penderita, 303 orang meninggal dari segi psikosomatik, rasa ketakutan. Sedangkan penyakit TB, angkanya mencapai 60.000,? terang Dr Anna Uyainah ZN SpPD, K-P, MARS di Jakarta, Sabtu (6/9/2014).
 
MERS adalah suatu strain baru dari virus yang belum pernah ditemukan menginfeksi manusia sebelumnya dan pertama kali ditemukan September 2012 di Riyadh, Arab Saudi. Angka kematian yang terjadi terhadap penyakit yang berkisar 35% dan  menurut dr. Anna, menjadi luar biasa heboh karena pemberitaan yang terus mengekspos penyakit baru ini.
 
Dr. Anna pun menyatakan bahwa 2013 sudah ada pedoman tentang MERS untuk jamaah haji dan sudah disosialisasikan. Angka kematian dari 2012 hingga 2014 pun turut menurun, sehingga dia merasa bahwa para calon jamaah tidak perlu takut terhadap penyakit ini. Namun memang, tiap orang memerlukan kontrol terhadap penyakit MERS.
 
?Terpenting kita harus selalu menutup membran mukosa dengan masker, agar tidak tertular virus tersebut. Dan jangan takut, karena ketakutan hanya membuat kita psikosomatis,? tutup Dr Anna Uyainah ZN SpPD, K-P, MARS.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment