Sunday, September 7, 2014

Minum Kopi Bisa Bantu Daya Ingat

Minum Kopi Bisa Bantu Daya IngatSANGAT wajar bila seseorang terkadang setiap harinya merasakan lupa akan sesuatu. Ternyata minum secangkir kopi yang mengandung kafein dapat membantu mempertajam daya ingat Anda. Kok bisa?

Sebuah studi di Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat mempertajam ingatan minimal 24 jam setelah dikonsumsi. Pemimpin penelitian, Michael Yassa mengatakan bahwa kafein meningkatkan cara Anda membangun daya ingat dalam otak, sehingga akan dapat mengingat ingatan lebih jelas.

Dalam penelitian ini, peserta diberikan kafein dalam bentuk tablet 200 mg yang sama dengan secangkir kopi. Kemudian, Michael Yassa mengatakan bahwa setelah itu para peserta penelitian diberikan waktu lima menit untuk mengingat beberapa gambar.

?Hampir semua penelitian sebelumnya kafein diberikan sebelum suatu sesi ujian. Keesokan harinya kedua kelompok diuji seberapa baik mereka mengingat gambar di hari sebelumnya. Ternyata, kelompok peserta yang diberikan kafein secara signifikan memiliki daya ingat lebih baik,? ujarnya seperti dikutip Mirror, Senin (8/9/2014).

Meski demikian, para ilmuwan lain tetap memeringatkan bila terlalu banyak minum kopi juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Seorang psikolog dari University of East London, Dr Ashok Jansari mengingatkan bahwa minum kopi mengandung kafein lebih dari 200 mg tidak akan bermanfaat bagi kesehatan, bahkan justru sebaliknya.

?Saya pasti tidak akan menyarankan orang-orang untuk minum kopi sebanyak mungkin. Hal ini karena dalam hal daya ingat minum di atas 200 mg tidak akan membantu banyak, bahkan konsekuensinya cenderung negatif,? jelasnya. (ren)

»

0 comments:

Post a Comment