Monday, September 8, 2014

Menkes: Jamaah Haji Tak Perlu Cemaskan Ebola & MERS

Menkes: Jamaah Haji Tak Perlu Cemaskan Ebola & MERSBEBERAPA kloter jamaah haji Indonesia telah berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Namun, pada penyelenggaraan musim haji tahun ini kembali timbul kekhawatiran akan MERS dan ebola.  
Seperti diketahui, jamaah haji dari seluruh dunia akan berkumpul di Arab Saudi, sehingga interaksi dan kontak antar jamaah sangat besar. Namun, Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A mengatakan, jamaah haji Indonesia tidak perlu terlalu mengkhawatirkan isu MERS dan ebola di Arab Saudi.
 
"Tidak apa-apa, ebola kan belum ada di Saudi Arabia dan MERS-nya sejak kapan juga sudah tidak ada lagi," jelasnya di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jalan Letjen. S. Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Senin (8/9/2014).
 
Selain itu, menurut Nafsiah, para jamaah haji juga tidak perlu terlalu khawatir akan virus ebola yang sedang mewabah di Afrika Barat. Hal ini karena pemerintah Arab Saudi sudah melarang pelancong atau turis dari lima negara yang terwabah ebola, yakni Liberia, Guinea, Nigeria, Sierra Leone, dan Kongo memasuki wilayah mereka.
 
"Saudi Arabia juga sudah menahan semua jamaah haji maupun pelancong dari lima negara itu, sehingga tidak boleh masuk ke Arab Saudi," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment