Monday, September 8, 2014

Menkes Harap Tiga RS Ini Tahun Depan Dapat Akreditasi JCI

Menkes Harap Tiga RS Ini Tahun Depan Dapat Akreditasi JCITIGA Rumah Sakit Vertikal Ibu Kota, yakni Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJP), Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSAB) Harapan Kita, serta Rumah Sakit Kanker Dharmais dinilai sudah memberikan pelayanan terbaik. Namun, Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A berharap tiga rumah sakit tersebut tahun depan dapat memeroleh akreditasi internasional.  
Nafsiah Mboi mengatakan bahwa jajaran ketiga rumah sakit tidak boleh sombong dengan apa yang sudah dicapai mereka sejauh ini. Nafsiah berharap, baik RSJP dan RSAB Harapan Kita, serta RSK Dharmais memeroleh akreditasi dari Join Commission International (JCI).
 
"Jangan hanya sombong-sombong di depan saya. Meskipun nanti saya sudah bukan Menteri Kesehatan lagi, tiga rumah sakit ini harus dapat akreditasi internasional JCI tahun 2015, kalau tidak saya hantui kalian," jelasnya pada Kunjungan Kerja Menteri Kesehatan RI di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jalan Letjen. S. Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Senin (8/9/2014).
 
Nafsiah menjelaskan, JCI bukan hanya soal akreditasi internasional, tetapi merupakan bukti bahwa suatu rumah sakit dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Menurutnya, salah satu poin dalam memberikan pelayanan terbaik adalah dapat menjamin keselamatan pasien.
 
"Akreditasi internasional JCI merupakan suatu bukti kalau kita bisa memberikan pelayanan yang prima demi keselamatan pasien, sehingga mutu kesehatannya kita sama dengan negara-negara lain di dunia ini," jelasnya.
 
Sementara, standar akreditasi internasional JCI dirancang untuk mengevaluasi kualitas dan keselamatan pasien di semua fungsi klinis dan manajerial rumah sakit. Sebagai lembaga akreditasi internasional, JCI melakukan identifikasi dan penilaian, serta keberhasilan dalam mengembangkan kualitas perawatan dan keselamatan pasien di seluruh dunia.
 
Selain itu, JCI juga menyediakan solusi manajemen dan inovatif untuk membantu lembaga perawatan kesehatan meningkatkan kinerja dan hasil akhir. Tim ahli JCI bekerja sama dengan rumah sakit-rumah sakit, institusi akademis, dan lembaga bisnis terkait agar menghasilkan kinerja terbaik dalam perawatan pasien.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment