Tuesday, September 23, 2014

Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit Jantung

Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit JantungTEPAT 15 Tahun silam, World Heart Federation (WHF) bersama World Health Organization (WHO) menetapkan World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. WHD dimaksudkan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit kardiovaskular, termasuk pencegahan dan dampaknya secara global.

Penetapan Hari Jantung Sedunia, mulanya digagas oleh Antoni Bayes de Luna (Presiden WHF) pada tahun 1999. Perayaan Hari Jantung Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 24 September 2000, namun sejak tahun 2011 WHD selalu diperingati di minggu terakhir bulan September, tepatnya pada tanggal 29 September.

Menurut World Heart Federation, penyakit kardiovaskular merupakan prioritas global dalam kesehatan. Fokus tahun ini akan dipusatkan pada lingkungan yang sehat untuk jantung, memungkinkan individu untuk mengatasi faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, tembakau, aktivitas fisik, diet yang tidak sehat dan faktor risiko lainnya.

Salah satu tujuan dari Hari Jantung Sedunia 2014 adalah untuk memberdayakan individu dan masyarakat untuk meminta lingkungan yang memungkinkan mereka untuk membuat pilihan positif bagi kesehatan jantung. Hari Jantung Sedunia ini mengajak individu dan masyarakat untuk mengadvokasi lingkungan yang sehat bagi jantung, dan bagi pemerintah untuk melaksanakan kebijakan di bidang ini.

Lebih lanjut, WHF dalam lamannya menuliskan bahwa peluncuran gerakan global ini akan memanfaatkan kekuatan individu untuk melindungi tidak hanya kesehatan jantung masyarakat itu sendiri, melainkan menjadi pemicu perubahan pada komunitas dan tingkat kesadaran masyarakat. Tindakan kolektif ini dapat berkontribusi terhadap tujuan pengurangan minimal 25 persen risiko kematian dini akibat penyakit kardiovaskular pada tahun 2025.

"Dengan memastikan bahwa orang dapat membuat pilihan yang sehat untuk jantung di mana pun mereka tinggal, bekerja dan bermain, Hari Jantung Sedunia 2014 mendorong kita semua untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mempromosikan planet jantung sehat untuk orang-orang di sekitar kita," demikian dikutip dari situs resmi WHF.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment