Tuesday, September 2, 2014

Masektomi Ganda Tidak Jamin Pasien Sembuh

Masektomi Ganda Tidak Jamin Pasien SembuhBERBAGAI pilihan pengobatan kanker payudara kini lebih beragam salah satunya adalah masektomi ganda. Namun pengobatan tersebut dinilai para ilmuwan tidak memberikan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi dibanding pengobatan lainnya.

Sebuah studi terbaru telah menentukan berapa banyak wanita y ang memilih berbagai macam metode pengobatan dan hubungannya dengan tingkat kelangsungan hidup. Studi yang dipublikasikan oleh Journal of American Medical Association (JAMA) menemukan bahwa masektomi ganda yang populer sekarang ini tampaknya tidak berkaitan dengan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi.

Para peneliti memelajari datavase dari para wanita di California yang didiagnosi memiliki stadium awal kanker payudara hanya pada satu payudara dalam dekade trakhir. Mereka membandingkan orang-orang yang menjalani masektomi tunggal dengan yang menjalani masektomi ganda dan yang menjalankan operasi radiasi payudara. (Baca: Kanker Payudara Bisa Sembuh 98%, Asal...)

Salah satu penemuan menarik adalah bahwa masektomi ganda telah menjadi populer pada beberapa tahun terakhir, terutama bagi wanita yang berusia di bawah 40 tahun.? Tingkat masektomi ganda untuk mengobati kanker payudara satu sisi telah meningkat sebesar 14 persen pertahun,? kata peneliti Allison Kurian, MD, M.Sc dari Stanford University School of Medicine, sebagaimana dilansir dari Womenshealthmag, Rabu (2/9/2014).

Namun lebih mengejutkannya lagi, operasi ini tidak menghasilkan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi. ?Wanita yang memiliki masektomi ganda tampaknya tidak memiliki kelangsungan hidup yang lebih baik daripada wanita yang memiliki dia prosedur bedah lainnya,? pungkas Scarlett Gomez, Ph.D, ilmuwan penelitian di The Cancer Prevention Institute of California.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment