Monday, September 15, 2014

Mangga Turunkan Gula Darah Orang Gemuk

Mangga Turunkan Gula Darah Orang GemukPENELITIAN terbaru membuktikan adanya khasiat mangga bagi penderita gula darah tinggi. Mengonsumsi 100 gram mangga dapat menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang gemuk.  
Studi dalam jurnal Nutrition and Metabolic Insights mengumumkan hasil penelitian yang dilakukan pada 20 orang dewasa dengan berat badan lebih. Mereka berusia antara 20 sampai 50 tahun.
 
Mangga mengandung antioksidan dari vitamin C dan A, serta folat. Buah ini juga merupakan sumber serat, tembaga, vitamin B6, dan 20 nutrisi lainnya.
 
"Mangga mengandung banyak senyawa bioaktif, termasuk mangiferin, yaitu antioksidan yang bermanfaat untuk mengontrol glukosa darah. Mangga juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan penyerapan glukosa dalam aliran darah," kata Edralin Lucas, profesor ilmu gizi di Oklahoma State University, College of Human Sciences.
 
Sementara itu di India, 60 juta orang mengidap diabetes. Untuk uji coba, tes dilakukan kepada 11 pria dan sembilan wanita dewasa dengan indeks massa tubuh (BMI) 30 sampai 45kg/m. Mereka tetap menjalani pola makan, kebiasaan olahraga, dan konsumsi obat seperti biasa, namun dengan menambahkan 10 gram konsumsi mangga.
 
Para peneliti menemukan bahwa setelah 12 pekan, glukosa darah peserta berkurang, meskipun tidak ada perubahan berat badan secara keseluruhan. Ukuran pinggang turun pada pria, walaupun tidak pada wanita.
 
Kelebihan berat badan memang memicu peningkatan risiko sejumlah penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, hingga penyakit hati, sebagaimana dilansir Helath Care Asia, Selasa (16/9/2014).
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment