Wednesday, September 17, 2014

Makan Banyak Nasi Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Makan Banyak Nasi Bikin Tidur Lebih NyenyakPENELITIAN terbaru di Jepang menemukan bahwa makan banyak nasi dapat membantu tidur nyenyak. Mereka mengatakan, makanan tinggi indeks glikemik (glycemic index/GI), seperti beras, berhubungan dengan kualitas tidur.

Makanan dengan GI tinggi melepas gula dalam darah lebih cepat dan menyebabkan pertambahan kadar gula darah yang dapat bertahan dalam waktu lama. Makanan be-GI rendah, di sisi lain, cenderung menyebabkan sedikit kenaikan gula darah.

Ini mendukung penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa makanan tinggi karbohidrat, yang ber-GI tinggi, meningkatkan jumlah tryptophan yang diangkut ke otak dibandingkan dengan asam amino lainnya.

Diet GI tinggi dapat mempengaruhi kualitas tidur karena efek dari triptofan, yaitu asam amino yang dikenal dapat memberikan efek menenangkan. Di otak, triptofan diubah menjadi serotonin dan kemudian melatonin yang dapat mendorong keinginan tidur.

Menurut penelitian Jepang ini, orang-orang di sana mengonsumsi sepuluh kali lebih banyak beras daripada orang-orang di Eropa dan Amerika Utara. Beras di Jepang menyumbang sekitar 28 persen dari asupan energi harian masyarakat.

Studi ini menganalisis data dari pemeriksaan kesehatan tahunan 1.848 pekerja pabrik, dengan 1.164 laki-laki dan 684 perempuan. Para peserta menjawab kuesioner pada tahun 2003 dan tahun 2004 mengenai perilaku yang berhubungan dengan kesehatan seperti diet, kebiasaan merokok, dan kegiatan olahraga.

Penelitian ini juga mengukur kualitas tidur berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk tidur, efisiensi, gangguan, penggunaan obat-obatan, dan beban pekerjaan yang dilakukan para pekerja di siang hari. Hasilnya tetap membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi nasi (GI tinggi) mencetak nilai tertinggi bagi kualitas tidur.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment