Saturday, September 13, 2014

Lima Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Lima Bumbu Dapur yang Bermanfaat bagi KesehatanANDA mungkin sering mendapati tanaman obat ini di sekitar rumah atau bahkan di dapur Anda. Sayangnya, tidak banyak manfaat yang kesehatan yang Anda ketahui dari tanaman tersebut.

Berikut beberapa manfaat dan cara membuat ramuan herbal dari tanaman-tanaman tersebut.

Serai

Tanaman yang sering dipakai untuk penambah aroma dalam masakan ini berkhasiat untuk mengobati inflamasi, peluruh keringat (diaforetik), pengencer dahak, obat kumur, dan penghangat badan. Anda dapat mengambil minyak dari akarnya untuk mengobati reumatik, atau meminum air rebusan serai untuk mengatasi haid yang tidak teratur, sebagaimana dikutip dari buku Pengobatan Herbal dan Pijat Refleksi yang ditulis oleh Sri Hartiatik.

Lengkuas

Lengkuas memiliki sejumlah khasiat seperti, diaforetik, pencair dahak, antijamur, stimulan, aromatik, dan mencegah atau mengurangi perut kembung (karminatif). Lengkuas dapat digunankan untung menurunkan demam, dengan meminum air saringan lengkuas merah yang dapat ditambah madu. Lengkuas yang direbus bersama bawang dan cuka dapat digunakan sebagai obat oles untuk kurap.

Seledri

Tanaman kecil ini juga memiliki banyak khasiat, di antaranya: untuk kesehatan dinding lambung dan saluran usus, memperlambat proses penuaan sel, menjaga kelenturan otot, mengobati asma, diabetes, membantu melarutkan kalsium, melancarkan aliran darah, melindungi otak dan sistem saraf,  menurunkan tekanan darah.  Anda dapat memanfaatkan seledri untuk kesehatan dengan memblender 3-4 batang seledri (masing-masing panjangnya 30 cm), diminum sekali sehari beberapa jam sesudah makan.

Cabai

Cabai yang mengandung vitamin C tinggi memiliki manfaat untuk mencegah diabetes dan berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Anda dapat membuat jus cabai, tomat, dan wortel dengan perbandingan 1:2:4. Jus ini dapat Anda minum satu kali sehari sebelum makan.

Kunyit

Kunyit bersifat antibakteri, antiinflamasi, antibakteria, dan dapat mengurangi kejang saluran cerna. Anda dapat membuat ramuan untuk mengobati sakit perut dan mencret dengan menggunakan kunyit, daun terawas, ketumbar yang ditumbuk, ditambah air, dan direbus untuk kemudian diminum.  (fik)

»

0 comments:

Post a Comment