Saturday, September 13, 2014

Konsumsi Kopi Mampu Tangkal Depresi

Konsumsi Kopi Mampu Tangkal DepresiMENJAGA kesehatan memang penting. Salah satu caranya yakni mengetahui berbagai informasi terkait kesehatan.

Namun sayangnya, masih banyak informasi mengenai kesehatan yang belum diketahui. Berikut adalah fakta kesehatan yang mungkin akan mengejutkan Anda, sebagaimana dilansir Realbuzz.

Gula sama buruknya seperti rokok

Meskipun gula tidak memiliki stigma negatif seperti halnya rokok, konsumsi gula jika tidak dikontrol dengan baik dalam jangka panjang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, yang beberapa dapat menyebabkan kematian.

Satu jam tidur bisa membuat Anda lebih bahagia

Apa yang harus dilakukan untuk membuat Anda bahagia? Smartphone baru? Kenaikan gaji? Menurut sebuah studi di Amerika Serikat oleh psikolog Daniel Kahneman dan rekan-rekan, peningkatan pendapatan rumah tangga sebenarnya memiliki sedikit efek pada suasana hati Anda setiap hari. Penelitian justru menunjukkan bahwa menambah satu jam dalam tidur malam dapat membahagiakan Anda daripada kenaikan gaji.

Olahraga tidak selalu membuat Anda kurus

Meskipun banyak orang berolahraga sebagai cara untuk mengontrol berat badan, banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga, bila tidak dikombinasikan dengan perubahan pola makan, tidak akan banyak berkontribusi dalam penurunan berat badan. Studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa ketika sekelompok orang gemuk menyelesaikan 12 minggu latihan kardio tanpa diet, sebagian besar tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Namun demikian, selain pengaruhnya untuk mengatur berat badan, olahraga punya banyak manfaat lain untuk kesehatan.

Permen karet meningkatkan konsentrasi

Tidak sempat minum kopi di pagi hari? Mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa permen karet rasa mint secara dramatis bisa mengurangi rasaan ngantuk. Sementara itu, penelitian lainnya menunjukkan bahwa permen karet dapat meningkatkan nilai ujian dan daya ingat sebesar 35%.

Kopi dapat menangkal depresi

Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa, bagi perempuan, meminum empat atau lebih cangkir kopi berkafein sehari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 20 persen. Studi sebelumnya mengatakan, lebih dari 80.000 perempuan yang minum lebih dari dua cangkir kopi sehari mempunyai sedikit kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.   (fik)

»

0 comments:

Post a Comment