Thursday, September 25, 2014

Keturunan Diabetes Masih Punya Harapan

Keturunan Diabetes Masih Punya HarapanDIABETES merupakan gangguan metabolik tubuh yang bisa menurun pada anak. Namun demikian, diabetes dapat dihindari dengan mengurangi risiko melalui penerapan gaya hidup sehat.

Dr Em Yunir, SpPD-KEMD, pakar endokrin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa keturunan diabetes, umumnya sulit ditolong. Seumur hidup, mereka akan ketergantungan dengan obat-obat. Meski begitu, orangtua yang diabetes tidak selalu menurunkan penyakitnya ke anak. (Baca: Diabetesi bisa hidup normal)

?Gen diabetes bisa dari orang tua, ayah atau ibu. Misalkan ada kasus, gen ini menurun ke anak, tetapi di anak tidak muncul karena sering olahraga, atur makan, menjaga badan. Tapi begitu punya cucu yang obesitas, cucunya yang terkena diabetes,? jelas dr. Yunir kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Menurut dr. Yunir, kasus yang disebutkan sebelumnya dapat terjadi tergantung faktor risiko, seperti resistensi insulin dan gaya hidup. Selain itu, mutasi genetik tersebut terjadi akibat perubahan kondisi lingkungan. (Baca: Diabetesi bisa konsumsi daging berlemak)

?Jika diibaratkan ada dua kelompok yang memiliki resistensi insulin, dengan satu kelompok dari keturunan diabetes dan satu lagi tidak. Risiko diabetes akan lebih tinggi pada kelompok yang bukan keturunan diabetes daripada mereka yang keturunan. Jika mereka tidak mengatur makan, obesitas, dan malas olahraga,? tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment