Thursday, September 18, 2014

Kerja Otak Maksimal Bisa Hentikan Kebiasaan Ngemil

Kerja Otak Maksimal Bisa Hentikan Kebiasaan NgemilANDA tergila-gila dengan junk food? Bisa jadi ini disebabkan oleh kesalahan di bagian otak yang bertanggung jawab mengontrol nafsu makan Anda.

Peneliti Kanada menemukan bahwa mengurangi aktivitas bagian otak di korteks dorsolateral prefrontal dapat meningkatkan keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi selama tes uji rasa.
Korteks prefrontal dorsolateral adalah bagian yang bertanggung jawab dalam urusan ini. Berfungsi sebagai eksekutif otak yang mengontrol kerja otomatis atau reaksi spontan, seperti ngidam makanan.
 
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peningkatkan aktivitas di korteks prefrontal mengurangi keinginan untuk makan makanan, termasuk makanan junk food yang tidak menyehatkan.
 
Para peneliti pun menyarankan olahraga, menghindari alkohol, dan tidur malam yang cukup untuk memperkuat bagian otak ini, sehingga memungkinkan orang untuk mengatasi kecanduan dan godaan makan dengan lebih mudah.

Penelitian ini menggunakan metode yang disebut ?stimulasi ledakan theta berkelanjutan?, yang menggunakan arus listrik lemah dari medan magnet yang berubah dengan cepat dan menyebabkan aktivitas pada bagian tertentu di otak.

Stimulasi ini untuk sementara mengurangi aktivitas di korteks dorsolateral kiri peserta. Setelah menerima stimulasi theta, peserta tidak hanya melaporkan keinginan untuk makan makanan yang padat kalori, tapi juga junk food selama uji rasa setelah menerima stimulasi palsu.

"Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa menonaktifkan korteks prefrontal sementara dapat meningkatkan keinginan  ngemil, ? ungkap penulis utama penelitian, Cassandra Lowe, mahasiswa doktoral di University of Waterloo, Fakultas Kesehatan dan Sistem Kesehatan Masyarakat.

Profesor Peter Hall, dari University of Waterloo, penulis senior studi tersebut menambahkan bahwa ketika pengoperasian bagian tertentu dari otak diredam untuk sementara waktu, ini dapat mempengaruhi pola pikir dan keinginan makan manusia.

?Studi ini menggarisbawahi pentingnya kesehatan otak untuk mengontrol diet manusia. Ini juga menunjukkan bahwa solusi terbaik yang efektif untuk menahan diri dari nafsu tertentu adalah dengan memaksimalkan kesehatan otak,? tambahnya.
Meningkatkan atau mempertahankan fungsi korteks dorsolateral pada populasi manusia sehat dapat mengurangi kemungkinan obesitas dan risiko penyakit kronis lainnya.

?Pada akhirnya, jika Anda ingin mengontrol hobi mengemil Anda, kuncinya adalah menjaga dan memaksimalkan kerja otak Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah menghadapi dan menangkal godaan," tutup Profesor Hall, sebagaimana dikutip Daily Mail, Kamis (18/9/2014).
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment