Wednesday, September 24, 2014

Kendalikan Stres, Cegah Penyakit Jantung

Kendalikan Stres, Cegah Penyakit Jantung GAYA hidup yang penuh tekanan, membuat seseorang rentan stres. Kondisi ini tentu meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Consultant Interventional Cardiologist, Dr Vineet Sankhala dari Care Institute of Medical Sciences (CIMS) memberikan tip untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengendalikan stres. Berikut tipnya seperti yang dikutip Thehealthsite, Selasa (23/9/2014).

Pola makan diet seimbang

Nutrisi yang baik merupakan senjata ampuh untuk mengatasi stres. Tubuh Anda membutuhkan vitamin B, vitamin C, dan seng untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, menjalankan diet seimbang dengan jumlah karbohidrat kompleks yang membuat Anda berenergi untuk waktu lama dan memenuhi kebutuhan gizi.

Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik merupakan obat penghilang stres secara alami. Bahkan, cukup berolahraga 30 menit rutin setiap hari akan mengurangi stres, sehingga kadar kolesterol menurun dan meningkatkan detak serta fungsi jantung.

Belajarlah untuk rileks

Jika Anda sering merasa stres atau cemas, maka sangat penting untuk belajar bagaimana caranya untuk rileks. Beberapa orang mencoba dengan bermeditasi, yoga atau teknik relaksasi lainnya yang jika rutin dilakukan setiap hari akan membantu Anda bersantai.

Hindari stres tambahan

Stres memang sangat sulit dihindari, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Anda mungkin perlu mengidentifikasi situasi yang menyebabkan stres di rumah atau kantor, lalu cobalah menghindarinya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment