Wednesday, September 17, 2014

Kenali Penyebab Umum Kanker

Kenali Penyebab Umum KankerKANKER menjadi penyakit yang paling sering dibicarakan karena ancamannya yang mengerikan. Penyebabnya sendiri bisa dari beragam hal.

Kendati begitu, paling umum penyebab kanker yakni dari lingkungan dan kondisi alami manusia. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat menjadi pemicu risiko kanker, seperti dilansir dari situs Bold Sky, Rabu (17/09/2014).

Umur

Penuaan adalah salah satu penyebab umur kanker. Faktanya, 75 persen kasus kanker baru didapat pada orang tua berumur lebih dari 60 tahun. Semakin tua usia tubuh kita, maka akan semakin berkurang kemampuan tubuh untuk melawan sel kanker.

Gen

Beberapa kanker payudara disebabkan faktor genetik. Jika saudara Anda, seperti ibu, bibi, kakak, atau nenek pernah terdiagnosa kanker payudara, ini saatnya Anda perlu melakukan tes.

Tembakau

Satu dari empat kematian akibat kanker dikarenakan kebiasaan merokok. Merokok dapat menyebabkan kanker paru, tenggorokkan, mulut, dan esofagus. Demikian juga dengan perokok pasif, yang menyumbang angka besar kematian akibat kanker.

Karsinogen

Karsinogen adalah zat penyebab kanker. Tembakau, racun kimia seperti dioxins, benzena, formaldehida, asbestos, vinyl klorida dikenal sebagai karsinogen yang terdapat di sekitar kita.

Radiasi UV

Paparan cahaya matahari yang mengandung radiasi ultraviolet adalah salah satu dari penyebab kanker. Beberapa orang dapat berisiko terkena kanker kulit jika sering berada di bawah matahari tanpa pelindung yang cukup.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment