Thursday, September 11, 2014

Kenali Obat & Makanan Ilegal

Kenali Obat & Makanan IlegalPEREDARAN produk-produk ilegal dan palsu seperti obat, obat tradisional, kosmetik dan makanan kian meresahkan karena membahayakan kesehatan masyarakat. Untuk menghindari peredaran produk ilegal dan palsu tersebut dapat dikenali dengan beberapa cara.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Ir. Roy A. Sparringa, M.App.SC, mengatakan bahwa kalau produk ilegal itu tanpa izin edar yang tertera pada produk. Tapi sayangnya, ijin edar pada produk bisa juga dipalsukan.

"Untuk memastikan iijin edar itu asli cek nomor ijin di produk atau tidak kunjungi website BPOM, nanti akan terlihat apakah itu benar atau palsu dan ilegal," ujarnya pada konferensi pers Hasil Operasi Storm V tahun 2014 di Aula Gedung BPOM, Jl Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014).

Lebih lanjut, Roy Sparringa menjelaskan bahwa produk-produk palsu seperti obat, obat tradisional, kosmetik dan produk makanan sudah pasti ilegal. Namun, produk-produk ilegal yang berada di pasaran belum tentu palsu.

"Palsu itu meniru produk asli yang diproduksi oleh pihak berwenang. Produk palsu ini bisa berbahaya karena diproduksi bukan oleh ahlinya, karena mungkin dosisnya bisa sangat rendah atau tinggi, bahkan tidak ada zat aktif sehingga membahayakan bagi kesehatan masyarakat," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment