Monday, September 15, 2014

Kantor Wajib Sediakan Fasilitas Laktasi

Kantor Wajib Sediakan Fasilitas LaktasiPEMBERIAN Air Susu Ibu secara ekslusif (ASI) selama enam bulan pertama kehidupan, tentunya sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup bayi. Namun sayangnya, ASI ekslusif masih saja terhambat, terutama pada wanita yang bekerja.

Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Dr. Utami Roesli, Sp.A mengatakan, agar karyawati dapat memberikan ASI ekslusif selama enam bulan diperlukan dukungan dari tempat kerja. Salah satu bentuk dukungan dari tempat kerja adalah menyediakan ruang laktasi.

"Mengenai sarana, tentu adanya tempat untuk memerah ASI yang dinamakan ruang menyusui. Selain itu, harus ada juga dukungan manajemen, teman-teman di tempat kerja, bahkan dukungan dari ibu-ibu di tempat kerja tersebut," ujarnya kepada Okezone di RS St Carolus Salemba, Jakarta.

Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ini juga menyarankan agar pihak manajemen tempat kerja bisa mengundang seorang konselor ASI. Tujuannya, tentu saja untuk menolong para karyawati yang tengah menyusui dalam bentuk konsultasi agar dapat memberikan ASI ekslusif selama enam bulan.

"Menurut saya kalau konselor ASI itu saat ini yang terpenting cukup sesekali datang saja ke tempat kerja dan ada akses untuk bisa mengkonsulkan," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment