Tuesday, September 2, 2014

Jamaah Haji Diminta Terapkan Perilaku Hidup Sehat

Jamaah Haji Diminta Terapkan Perilaku Hidup SehatSELAMA menjalani ibadah haji, bukan tidak mungkin para jamaah akan mengalami gangguan kesehatan. Karenanya, hal inilah yang harus diperhatikan agar terhindar dari gangguan tersebut.

Menurut Prof dr Tjandra Yoga Aditama, selain faktor fisik, jamaah haji juga harus mewaspadai perubahan cuaca di Arab Saudi. Apalagi cuaca sekarang mencapai 40 derajat celsius dan kelembapan nya rendah. Karena itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan ini menyarankan beberapa hal yang harus dilakukan calon jamaah sebelum berangkat ke Tanah Suci.

"Pertama, lakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), utamanya dengan makan makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup. Kedua, belajar adaptasi lingkungan secara bertahap, misalnya dengan mencoba berjalan di bawah panas matahari," ujarnya melalui surat elektronik yang diterima Okezone, Senin, 1 September 2014.

Lebih lanjut, Prof Tjandra juga menyarankan para jamaah selalu mengupayakan berada di tempat teduh selama menjalankan ibadah haji. Selain itu, jika ada masalah kesehatan, usahakan untuk segera menghubungi petugas kesehatan setempat.

?Siapkan handuk basah setiap saat., banyak minum air putih, perbanyak makan buah, lebih sering mencuci tangan pakai sabun, segera mengontak petugas kesehatan jika mendapat keluhan kesehatan, dan selalu prioritaskan ibadah rukun daripada ibadah sunnah, demi kelancaran kegiatan ibadah Haji,?tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment