Tuesday, September 16, 2014

Ini Akibatnya jika Tubuh Kekurangan Magnesium

Ini Akibatnya jika Tubuh Kekurangan MagnesiumPERNAHKAH Anda menderita nyeri, kelelahan, insomnia, kram otot, mual dan pusing tanpa sebab yang jelas? Jika sering, bisa jadi Anda kekurangan magnesium.

Kekurangan magnesium dalam tubuh, dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Gangguan tersebut seringkali tidak memiliki penyebab yang jelas. Padahal, bisa jadi ini karena kurangnya komposisi magnesium dalam tubuh.

Dari sebuah survei yang dilansir Dailymail, Selasa (16/9/2014), satu dari sepuluh orang menderita masalah ini. Sementara yang lain menyebutkan angka yang lebih tinggi.

Ahli mengungkapkan bahwa akibat fatal dari kekurangan magnesium banyak ragamnya. Mulai dari penuaan, hilangnya massa otot, meningkatnya tekanan darah, fungsi sistem saraf berkurang, hingga osteoporosis.

Kekurangan magnesium biasanya terjadi seiring dengan pertambahan usia. Dalam kondisi tersebut, kemampuan tubuh untuk memetabolisme magnesium mengalami penurunan.

Salah satu faktor penyebab kekurangan magnesium yakni karena makanan yang dikonsumsi. Kafein, alkohol, biji-bijian makanan olahan, dan gula, mendorong ginjal mengeluarkan magnesium secara berlebih. Disamping itu, stres juga bisa menjadi penyebab dan gejala defisiensi magnesium. Hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, yang dikeluarkan dalam situasi tertekan, dapat menguras pasokan magnesium dalam tubuh.

Magnesium membantu mengatur tekanan darah dan irama jantung. Jika kekurangan, ini bisa membuat stres sulit untuk ditangani. Bahkan, kondisi pencernaan seperti refluks asam (naiknya isi lambung ke kerongkongan) sering terkait dengan kekurangan magnesium. Obat-obatan justru membuat masalah lebih buruk.

Tingkat magnesium yang rendah membuat masalah ini sulit untuk didiagnosa. Tes darah jarang dapat membantu karena hanya ada satu persen komposisi magnesium tubuh yang dapat ditemukan dalam darah. Sisanya terletak pada tulang dan otot-otot kita.

Yang terpenting dalam menjaga komposisi magnesium dalam tubuh adalah dengan makan makanan yang mengandung banyak magnesium. Seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, alpukat, dan daging. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment