Friday, September 26, 2014

Indonesia Kekurangan Ahli Epidemiologi Lapangan

Indonesia Kekurangan Ahli Epidemiologi LapanganGUNA mencegah berbagai penyakit terutama infeksi menular, peran tenaga ahli epidemiologi lapangan tentu sangat penting. Sayangnya, Indonesia hingga saat ini masih kekurangan tenaga ahli dalam bidang epidemiologi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan, dr H.M Subuh, MPPM, mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah tenaga ahli epidemiologi lapangan di seluruh Indonesia hanya sekira 300 orang. Menurut dr Subuh jumlah idealnya setiap Provinsi memiliki 2 tenaga ahli epidemiologi lapangan, dan 1 orang di Kabupaten Kota, serta 2 tenaga asisten ahli di bidang tersebut.

"Kalau dihitung untuk memenuhi kebutuhan 34 provinsi dan 511 kabupaten di Indonesia, maka diperlukan setidaknya 1.600 tenaga ahli dan asisten ahli epidemiologi lapangan," ujarnya pada Konferensi Pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/9/2014).

Lebih lanjut, dr Subuh menjelaskan bahwa tenaga ahli epidemiologi lapangan ini berperan untuk menunjang pembangunan kesehatan melalui upaya promotif dan preventif dan melakukan investigasi kejadian luar biasa (KLB) wabah penyakit di masyarakat.

"Sehingga mereka menyediakan informasi bagi pengambil keputusan di tingkat pusat maupun daerah dalam merencanakan program penanggulangan masalah kesehatan dan menillai keberhasilan program kesehatan yang sudah ada," tuturnya.

"Namun hingga saat ini dari jumlah tenaga ahli epidemiologi yang ada belum dimanfaatkan secara optimal dalam fungsi-fungsinya sebagai epidemiolog," tutupnya.
(fik)

»

1 comments:

AJO_QQ poker
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c.

Post a Comment