Friday, September 19, 2014

IMD Hentikan Perdarahan Pasca Bersalin

IMD Hentikan Perdarahan Pasca BersalinINISIASI Menyusui Dini (IMD) merupakan proses menyusui yang dimulai secepatnya. Begitu lahir langsung dikeringkan dan tali pusat dipotong, kemudian bayi dibiarkan melekat di kulit dada ibu minimal selama 60 menit.

Ternyata, dalam proses kulit bayi yang melekat pada dada ibu ini memiliki manfaat yang tidak disangka-sangka. Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Dr. Utami Roesli, Sp.A, mengatakan bahwa bila kulit ibu melekat pada kulit bayi, maka hormon oksitosin akan meningkat.

"Efek dari hormon oksitosin kasih sayang adalah membuat otot-otot poros mengkerut. "Kalau otot polos ini mengkerut, maka pembuluh darah yang membuka setelah proses persalinan akan cepat menutup. Sehingga, IMD yang benar ini akan mengurangi risiko kematian ibu karena perdarahan setelah proses persalinan," ujarnya kepada Okezone di RS St Carolus Salemba, Jakarta.

Bahkan, Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia menjelaskan bahwa ketika diletakkan di dada ibu, maka bayi akan menghentak-hentakan kepalanya ke kulit ibu bayi seperti memberikan massage pada payudara. Tentu saja, gerakan seperti memberi massage ini akan meningkatkan produksi hormon oksitosin pada ibu yang bermanfaat setelah melewati proses persalinan.

"Kalau hormon oksitosin tersebut masih dirasa kurang, maka bayi akan terus merangsang dengan mengkulum-kulum puting ibunya. Kalau dirasa sudah cukup mulut bayi akan terbuka lebar-lebar untuk mulai minum air susu ibu," tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment