Saturday, September 6, 2014

Hindari MERS CoV, Ini Saran bagi Jamaah Haji

Hindari MERS CoV, Ini Saran bagi Jamaah Haji MUSIM haji mulai tiba. Diharapkan para jamaah untuk waspada terhadap penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) yang ditemukan pada unta.  
Walaupun belum ada penelitian secara rinci yang menunjukkan bahwa unta adalah penyebab virus, jamaah haji diminta untuk tetap waspada. WHO mengumumkan data penelitiannya berupa penemuan MERS CoV di Mesir pada  3,6% (4 dari 110) unta berpunuk sehat. Untuk itu, para jamaah haji yang beribadah di Arab Saudi dihimbau untuk tidak berinteraksi dengan unta. Bahkan, jamaah haji diharapkan untuk tidak berfoto bersama unta.
 
?Walau sedang beribadah sambil berjalan-jalan, ketika melihat unta biasanya jamaah ingin berfoto bersama. Namun, kali ini para jamaah diharapkan untuk tidak berfoto bersama dengan unta untuk menghindari penularan MERS CoV,? kata Dr Anna Uyainah ZN SpPD, K-P, MARS di Jakarta, Sabtu (6/9/2014).
 
Namun beberapa penelitian menyadari adanya kejanggalan terhadap virus MERS CoV itu sendiri dan kaitannya dengan hewan unta.
 
?MERS CoV ditemukan pada unta, namun penyebab penyakit itu bukanlah karena unta. Walau ada pada unta, tetapi pemilik dan pekerja tidak ada yang sakit. Hingga kini, belum ada penelitian yang menemukannya,? tutup dr Anna.
 
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment