Wednesday, September 10, 2014

Gerakan Pilates Perbaiki Postur Tubuh

Gerakan Pilates Perbaiki Postur TubuhPILATES bukanlah gerakkan aerobic atau kardio. Namun pilates adalah sebuah gerakan peregangan atau resistance exercise.  
Di Indonesia, pilates mempunyai daya tarik tersendiri di kalangan selebritas dan para sosialitas yang ingin memiliki postur tubuh sempurna. ?Senam pilates bukan seperti kardio yang dapat menguras kering saja atau memacu jantung. Pilates lebih focus untuk melatih  core muscle meski tidak seperti kardio yang relative cepat untuk membakar kalori dalam tubuh,?kata Diana, seorang instruktur, di studio of Life stott Pilates, Jl Wolter Monginsidi No. 49, kebayoran baru, Jakarta selatan.
 
Jika anda ingin melakukan senam pilates, sambungnya, Anda harus fokus pada kontraksi otot, pernapasan, dan kualitas dari gerakan. Tujuannya adalah terkoordinasinya pikiran, tubuh, dan semangat.
 
Senam pilates memang tidak terlalu banyak membantu menurunkan berat badan. Namun, senam ini bisa membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. ?Olahraga pilates mengondisikan seluruh tubuh menjadi lebih baik. Tubuh akan lebih stabil, fleksibel untuk bergerak, dan akan terasa lebih ringan,?imbuhnya.
 
Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang seringkali mengabaikan posisi tubuh yang benar ketika sedang beraktivitas. Masalahnya, lama-kelamaan, kebiasaan buruk bisa mencenderai postur tubuh. ?Sebagian klien yang datang ke sini ingin mengembalikan postur tulang dan postur tubuh yang ideal. Biasanya mereka mempunyai masalah terhadap postur tulang karena posisi berjalan dan duduk yang tidak benar,?ungkapnya.
 
Dengan melakukan senam pilates, postur tubuh yang rusak bisa dikembalikan, senam ini bisa menyegarkan pikiran, memperbaiki dan menciptakan keseimbangan otot-otot tubuh, merampingkan tubuh, membangun kekuatan dan control otot yang baik, meningkatkan kelenturan tubuh, dan menghilangkan stress.
 
Senam bisa dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari remaja hingga orang dewasa. Bahkan senam  ini pun bisa dilakukan oleh orang yang sudah lanjut usia. ?Segala usia dari anak-anak sampai manula bisa melakukan pilates. Malah ada juga yang datang kesini dengan kondisi habis terkena stroke biasanya untuk lebih dikuatkan kembali otot-otonya dengan pilates,?katanya.
 
Untuk perempuan yang baru saja bersalin, senam pilates dapat memulihkan fungsi otot-otot seksual. ?Untuk ibu-ibu pascamelahirkan, pilates berfungsi mengembalikan keseimbangan otot dan pinggul, sehingga menjadi normal, lebih kuat, dan stabil,? lanjutnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment