Wednesday, September 24, 2014

Gejala Lupus Sulit Dikenali

Gejala Lupus Sulit DikenaliLUPUS merupakan penyakit kronis atau menahun yang dikenal juga sebagai penyakit autoimun. Penyakit ini dapat menyerang seluruh organ tubuh, tetapi sayangnya sulit dikenali.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Tiara Lestari selaku Ketua Yayasan Lupus Indonesia (YLI). Menurutnya, gejala-gejala dari penyakit Lupus bisa saja tidak terlihat.

"Mungkin kalau saya merasakan bisa, tetapi kalau orang awam tidak. Kalau saya tidak bilang, mungkin kamu (menunjuk saya) tidak tahu saya Lupus. Saya lupus sudah 28 tahun, jadi sudah kena bocor ginjal dan segala macamnya, jadi tidak ada yang tahu," ujarnya kepada Okezone di Rumah Sakit Kramat, Jl Kramat Raya No. 128, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

"Oleh sebab itu, makanya mungkin orang tidak percaya saya pernah naik-turun gunung, sehingga banyak yang percaya penyakit Lupus tidak berbahaya, tetapi jangan melihat itunya melainkan perjalanan sakitnya sampai sekarang, itu yang mereka tidak paham," tambahnya.

Karena itu, Tiara mengatakan bahwa pada setiap sosialisasi selalu menampilkan kondisi terberat dari kondisi penyakit Lupus. Harapannya adalah masyarakat bisa mengerti bahwa penyakit Lupus dapat mengenai ke berbagai multi organ seperti jantung, paru-paru, saraf dan darah.

"Jadi, saya bisa melihat kemungkinan orang tersebut Lupus karena keterbiasaan dan sering mendampingi teman-teman Lupus, sehingga menjadi peka. Biasanya gejalanya lebih ke muka, terlihat merah seperti pakai blush on," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment