Tuesday, September 23, 2014

Gaya Hidup Sehat, Pria Bebas Serangan Jantung

Gaya Hidup Sehat, Pria Bebas Serangan JantungPENYAKIT jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Meskipun mematikan, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah.  
Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung sangat terkait dengan gaya hidup sehat. Bahkan, sebuah studi baru menunjukkan bahwa lima perilaku kesehatan yang direkomendasikan dapat mencegah empat dari lima kasus serangan jantung pada pria.
 
Profesor Agneta Akesson selaku pemimpin penulis dari the Institute of Environmental Medicine, Stockholm mengatakan bahwa pria paruh baya memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung jika minum cukup, tidak merokok, diet dengan benar, berolahraga, dan menjaga berat badan.
 
?Hanya sekira 1 persen pria dalam penelitian ini yang benar-benar menjalani hidup super-sehat. Tetapi, risiko mereka 86 persen lebih rendah terkena serangan jantung dibanding orang-orang yang kurang makan, kelebihan berat badan, jarang berolahraga, merokok, dan terlalu banyak minum alkohol,? jelasnya, sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Selasa (23/9/2014).
 
?Orang-orang sehat memang masih bisa meninggal karena serangan jantung, tetapi mereka hidup lebih lama daripada yang lain,? tambahnya.
 
Selain itu, Agneta Akesson menjelaskan bahwa menjalankan lima perilaku kesehatan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk organ jantung. Menurutnya, menjalankan gaya hidup sehat juga menguntungkan secara ekonomi.
 
?Ada banyak keuntungan dan uang yang akan disimpan jika seseorang memiliki gaya hidup sehat,? tuturnya.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology ini meneliti catatan 20.700 pria berusia 45 sampai 79 tahun di Swedia pada 1997. Pada saat itu, para peserta tidak memiliki riwayat penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah atau kolesterol tinggi.
 
Delapan persen atau sekira 1724 laki-laki tidak menjalankan lima perilaku kesehatan, sehingga 166 di antaranya menderita serangan jantung. Sedangkan dari satu persen pria atau sekira 212 peserta mempraktikkan semua perilaku kesehatan dan hanya tiga peserta yang mengalami serangan jantung.
 
Berdasarkan temuan tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa lima perilaku kesehatan, minum cukup, tidak merokok, diet dengan benar, berolahraga, dan menjaga berat badan dapat mencegah 79 persen serangan jantung pertama pada kalangan pria.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment