Thursday, September 25, 2014

Gara-Gara Gadget, Kerusakan Mata Anak Meningkat

Gara-Gara Gadget, Kerusakan Mata Anak MeningkatSAAT ini, anak-anak sudah sangat akrab dengan gadget. Namun hal ini memicu risiko gangguan penglihatan Computer Vision Syndrome (CVS) pada mereka.

Sindrom penglihatan komputer (CVS) biasanya diakibatkan oleh layar digital yang memancarkan radiasi cahaya pengion dan non-pengion tinggi-rendah. Tingkat kerusakan sering kali begitu rendah sehingga sulit terukur.

"Penumpukan muatan elektrostatik pada permukaan layar dapat menarik dan mengumpulkan debu pada permukaan layar tersebut. Debu yang menumpuk tersebut merupakan faktor yang sering kali menyebabkan iritasi mata," kata ahli kesehatan mata atau optomeris, Andre Horn.

Melihat banyaknya anak di bawah umur yang menghabiskan waktu menggunakan gadget atau alat komputer lain, kesehatan mata mereka perlu menjadi perhatian lebih dari orang dewasa.

"Menatap layar digital sambil duduk selama berjam-jam, membuat anak akan lebih fokus pada layar dan sulit mengalihkan perhatian pada hal lainnya," kata Horn, seperti dilansir Destiny Connect, Kamis (25/9/2014).

Efek jangka panjang dari kebiasaan ini adalah meningkatkan risiko mereka miopia atau rabun jauh. Miopia biasanya diwariskan dari keluarga, tetapi belakangan kelainan mata tersebut sudah muncul pada anak berusia 8 sampai 12 tahun. Kondisi tersebut dapat memperburuk sifat genetik dari kelainan mata tersebut. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment