Wednesday, September 10, 2014

Gagang Pintu Ruangan di Kantor Sumber Virus

Gagang Pintu Ruangan di Kantor Sumber VirusPENELITIAN baru membuktikan bahwa banyak virus yang menempel di gagang pintu ruangan kantor. Bahkan virus ini bisa menyebar dan menginfeksi seseorang dalam waktu dua jam.

Dengan menggunakan alat pendeteksi virus, studi tersebut menemukan sebanyak 60 persen pekerja di kantor membawa mikroba dan virus berbahaya yang dapat bertahan setelah 120 menit. Karenanya, tisu desinfektan dan teratur mencuci tangan menjadi cara terbaik untuk mencegah penyebaran agen penyakit berbahaya tersebut.

Dalam penelitian tersebut, ilmuwan mencoba menanam virus berbahaya yang mirip dengan Norovirus pada kenop pintu pada hari awal kerja. Setiap dua jam, mereka mengambil sampel 60 sampai 100 fomit (benda yang dapat menjadi agen penularan) seperti saklar lampu, tombol lift, keran wastafel, mouse dan keyboard komputer.

Dalam waktu dua sampai empat jam, 40 sampai 60 persen sampel benda (fomit) yang diteliti terkontaminasi virus. "Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontaminasi virus pada fomit terjadi dengan cepat. Tindakan sederhana dapat sangat membantu untuk mengurangi paparan virus," kata Dr Charles Gerba saat menyajikan penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan penyakit menular dari American Society for Microbiology.

Cara terbaik untuk menyingkirkan mikroba tersebut seperti dengan tisu antibakteri dan menjaga kehigienisan tangan. ?Menggunakan tisu desinfektan yang mengandung senyawa ?amonium kuaterner? telah terdaftar oleh Environmental Protection Agency efektif terhadap virus, seperti norovirus dan flu. Bersama dengan menjaga kebersihan tangan, dapat mengurangi penyebaran virus 8O sampai 99 persen,? tambahnya.

Penelitian sebelumnya oleh Dr. Gerba menemukan bahwa menyentuh berbagai objek adalah cara tercepat untuk memperoleh dan menyebarkan mikroba dan virus. Pada tahun 2010, sebuah studi menemukan lebih dari 50 persen orang kantor terinfeksi semacam virus setelah menyentuh tombol di lift, keyboard komputer, dan telepon.

"Kebanyakan orang berpikir batuk dan bersin disebabkan oleh kuman, tetapi jumlah objek yang Anda sentuh luar biasa, terutama di generasi ?klik-tombol? ini. Kami melakukan berbagai macam hal dengan menekan tombol lebih banyak daripada generasi lainnya dalam sejarah. Pesan kami adalah tetaplah di rumah ketika Anda sedang sakit,? kata Dr. Gerba, sebagaimana dilansir dari Dailymail, Kamis (11/09/2014). (fik)

»

0 comments:

Post a Comment