Thursday, September 4, 2014

Fisik Tetap Prima, Calhaj Harus Lakukan Ini

Fisik Tetap Prima, Calhaj Harus Lakukan IniKLOTER pertama rombongan calon jamaah haji telah berangkat awal September ke Arab Saudi. Namun bagi mereka yang masih menunggu waktu keberangkatan, masih ada waktu untuk melakukan sejumlah persiapan.  
Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB,FINASIM,FACP (mantan Tenaga Kesehatan Haji Daerah dan Tenaga Kesehatan Haji Khusus-ONH plus), mengatakan bahwa meskipun belum berangkat, para calon jamaah haji yang akan berangkat harus terus menjaga kesehatan mereka dan tetap berolahraga rutin. Selain itu, Dr Ari mengimbau para calon jamaah haji untuk secara khusus tidur dengan cukup sebelum hari keberangkatan ke Arab Saudi.
 
?Bagi para jamaah yang akan berangkat, diminta terus untuk menjaga kesehatan dan tetap melakukan olah raga rutin. Secara khusus tidur yang cukup sebelum hari keberangkatan ke tanah suci,? ujarnya pada keterangan pers yang diterima oleh Okezone.
 
Selain itu, Dr Ari mengingatkan kepada para calon jamaah haji, terutama bila menderita penyakit kronis untuk tidak lupa membawa obat-obatan yang harus dikonsumsi. Namun, obat-obatan sederhana seperti obat diare, sakit kepala, obat batuk dan flu, obat alergi serta anti mual. Di samping itu, Dr Ari juga mengingatkan beberapa hal yang harus diperhatikan agar fisik tetap prima sampai puncak ibadah haji, seperti berikut:
 
1. Sebelum berangkat selalu menjaga kesehatan dan olah raga rutin.
 
2. Kemudian, membawa obat-obat yang rutin dikonsumsi bila memiliki penyakit kronik, serta selalu membawa obat-obat sederhana seperti obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah. 
 
3. Selama di Arab Saudi, minum sebanyak 3 sampai 4 liter untuk mencegah dehidrasi, dan kemudian lihat warna urin untuk melihat apakah telah mengalami dehidrasi.
 
4. Tetap makan dan memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi.
 
5. Jangan menunda untuk menkonsumsi jatah makanan yang baru dibagikan.
 
6. Para jemaah menjaga agar bisa istirahat saat sampai dipenginapan.
 
7. Segera konsultasi ke petugas kesehatan di kloter jika mempunyai permasalahan kesehatan.
 
8. Banyak konsumsi buah dan sayur-sayuran.

9. Hindari aktifitas yang tidak berhubungan dengan rangkaian ibadah, terutama di udara terbuka karena cuaca panas.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment