Wednesday, September 17, 2014

Diabetes Percepat Penyempitan Pembuluh Darah

Diabetes Percepat Penyempitan Pembuluh DarahBIDANG bedah vaskular atau pembuluh darah saat ini terus berkembang pesat. Hal ini lantaran kasus penyakit pembuluh darah sekarang semakin banyak.

Dr. Ismon Kusasi, SpB(K)V mengatakan bahwa contoh kasus penyakit kelainan-kelainan vaskular adalah penyempitan pembuluh darah. Hal ini mulai dari penyempitan pembuluh darah di bawah leher, di bawah kepala, dada, dan mulai dari ujung leher sampai ujung kaki dan tangan.

"Penyempitan pembuluh darah itu bisa karena penyakit diabetes, atau bisa karena skelorosis, dan karena plak, di mana ini pada perokok biasanya," ujarnya di Tangerang, Banten, baru-baru ini.

Sementara, Ketua Ikatan Dokter Bedah Indonesia, Prof. Dr. dr. Paul Tahalele Sp.BT(K)V menjelaskan bahwa arteri skelerosis dengan adanya penyakit degeneratif seperti diabetes akan mempercepat deposit lemak, sehingga aliran darah lebih cepat buntu atau terhambat. Namun, menurut Paul Tahalele ada yang menyebabkan kondisi aliran darah yang buntu tersebut lebih gawat.

"Buntu yang paling gawat adalah plak dari timbunan kolesterol itu disertai dengan trombuse atau gumpalan darah yang mendadak karena trubelensi," tuturnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment