Saturday, September 20, 2014

Dampak Asap Kebakaran bagi Kesehatan Masyarakat

Dampak Asap Kebakaran bagi Kesehatan MasyarakatKEBAKARAN hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan tentu banyak menimbulkan dampak. Kebakaran hutan yang terjadi dua pulau tersebut tidak hanya menimbulkan kerugian secara ekonomi, melainkan kesehatan masyarakat.
 
Prof Tjandra Yoga Aditama selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI, mengatakan bahwa hal ini lantaran asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, terutama masalah pernapasan.
 
?Paru dan pernapasan, seperti peningkatan IASPA dan perburukan penyakit asma, bronkitis, dan emfisema,? ujarnya sebagaimana rilis yang diterima redaksi Okezone, Sabtu (20/9/2014).
 
Selain itu, dikatakan oleh Tjandra Yoga asap dari kebakaran hutan seperti yang melanda di Sumatera dan Kalimantan juga berdampak bagi kesehatan organ lain. Misalnya pada mata asap kebakaran hutan dapat menyebabkan iritasi dan peradangan, dan hidung menjadi alergi, serta gangguan kulit.
 
?Berbagai penyakit kronis yang ada juga dapat menjadi lebih buruk. Selain itu, dampaknya juga pada gangguan saluran cerna, karena bahan makanan dan minuman sudah tercemas oleh debu kebakaran hutan,? jelasnya.
 
 
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment