Tuesday, September 2, 2014

Cara Sehat Kendalikan Berat Badan Bumil

Cara Sehat Kendalikan Berat Badan BumilTERLALU gemuk ketika hamil dapat menyebabkan bayi berisiko terkena diabetes di kemudian hari. Sayangnya, kebanyakan wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan karena pertumbuhan bobot bayi dan jaringan lainnya.Lalu, bagaimana agar kenaikan berat badan saat hamil tidak berlebihan?

Guru Besar Bidang Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Prof. Endang L. Achadi, MPH, Dr. PH mengatakan bahwa cara mengontrol kenaikan berat badan pada wanita hamil adalah dengan menerapkan pola makan gizi seimbang. Misalnya saja, lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.

"Sekali makan itu terdiri dari sepertiga sayur, buah, lauk-pauk dan makanan pokok. Jadi, sebetulnya sayur dan buah itu harus banyak," ujarnya setelah acara Nutritalk bertema "Seribu Hari yang Menentukan Masa Depan Bangsa" di Hyatt Regency, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Yogyakarta, belum lama ini.

Lalu, adakah perbedaan pola konsumsi makanan antara trimester pertama, kedua dan ketiga? Menurut Prof Endang, pada trimester pertama sebaiknya lebih banyak mengonsumsi protein dan vitamin. Hal ini karena kedua asupan tersebut dibutuhkan untuk perkembangan organ-organ janin di dalam kandungan.

Sementara, pada trimester kedua, Prof Endang menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang menghasilkan energi. Hal ini karena pada masa trimester kedua pertumbuhan bayi di dalam kandungan lebih cepat, sehingga membutuhkan energi.

"Jadi, secara umum sebenarnya kalau energi untuk trimeseter kedua dan ketiga meskipun protein, vitamin dan mineral tidak boleh dilupakan. Tetapi, protein dan vitamin itu dibutuhkan pada awal-awal kehamilan," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment