Saturday, September 6, 2014

Cara Merawat Kaki Tetap Sehat

Cara Merawat Kaki Tetap SehatKAKI menjadi bagian paling ujung dari tubuh Anda, mungkin adalah bagian yang paling sering Anda abaikan. Padahal ada banyak permasalahan yang bisa dialami kaki Anda, seperti bau kaki, kulit pecah-pecah, cantengan, infeksi jamur, dan lain sebagainya.

Cara terbaik untuk menjaga kaki Anda tetap bersih dan sehat sangatlah sederhana. Berikut adalah lima langkah perawatan kaki yang dapat Anda lakukan setiap hari, seperti dikutip How Stuff Works.

Kenakan sepatu yang nyaman

Mengenakan sepatu yang salah dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan kaki. Pertama, sepatu Anda harus sesuai. Sepatu yang terlalu ketat atau sebaliknya dapat menyebabkan lecet, kapalan, tumit sakit. Memakai sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada tulang kaki atau varises.

Penting juga bagi Anda untuk mencari bahan yang tepat. Bahan sintetis cenderung tidak dapat bernapas dengan baik, menjebak panas, dan menyebabkan kelembaban. Bahan sepatu alami seperti kulit dan kanvas dapat menjaga kaki Anda tetap sejuk. Anda dapat mencoba untuk berganti sepatu Anda, sehingga sepasang sepatu yang Anda kenakan kemarin dapat kering sepenuhnya sebelum Anda memakainya lagi.



Berjalan kaki
 
Otot-otot di kaki Anda sama seperti otot-otot lain. Mereka membutuhkan olahraga agar tetap kuat. Cara terbaik untuk melatih mereka adalah dengan berjalan kaki. Berjalan kaki dapat menjaga otot-otot tetap kuat dan menjaga tendon serta ligamen yang fleksibel.


Cuci kaki setiap hari 
 
Kaki Anda mungkin menghabiskan sebagian besar waktu terperangkap di dalam sepatu. Kelembaban dan keringat menyediakan lahan subur bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh, terutama di sela-sela antarjemari kaki Anda. Pastikan Anda memberi mencuci kaki dengan sabun secara menyeluruh. Setelah mandi, Anda juga perlu mengeringkan kaki Anda. Memakaikan bedak di kaki juga dapat menjaga kaki kering lebih lama.



Memakai pelembab
 
Melembabkan kaki Anda tampaknya bertentangan segala sesuatu yang kita sudah bilang tentang menjaga kaki Anda agar tetap kering. Tapi mengapa Anda perlu menambahkan kelembaban ekstra ke kaki Anda? Keausan yang dialami oleh kaki Anda setiap hari dapat mengakibatkan kekeringan, pecah-pecah, atau kulit bersisik. Jika Anda tinggal di iklim hangat dan sering memakai sandal, masalah ini mungkin jauh lebih buruk. Lotion yang mengandung cocoa butter dapat menjadi pelembab yang baik untuk kaki Anda.


Kenakan kaos kaki
 
Kaos kaki tidak hanya akan melindungi kaki Anda dari kekeringan, kaos kaki juga dapat meyerap keringat berlebih di kaki Anda. Selain itu, kaos kaki juga dapat melindungi kaki Anda yang mungkin lecet saat memakai sepatu. Untuk pemakaian sehari-hari, gunakan kaus kaki yang dibuat dengan serat alami seperti katun atau wol.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment