Thursday, September 4, 2014

Calhaj Harus Kurangi Aktifitas di Ruang Terbuka

Calhaj Harus Kurangi Aktifitas di Ruang TerbukaMENERAPKAN perilaku hidup bersih dan sehat mencegah Jamaah haji dari infeksi penyakit, termasuk Middle East Respiratory Syndrom (MERS). Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh para calon jamaah haji selama menunaikan ibadah di tanah suci.

Rombongan calon jemaah haji kloter pertama telah berangkat pada awal September ini yang beberapa langsung ke Madinah, namun sebagian lainnya menuju Jeddah. Selanjutnya, rombongan calon jemaah haji yang ke Jeddah ini selanjutnya akan menuju Madinah terlebih dahulu untuk ziarah ke Masjid Nabawi.  
Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB,FINASIM,FACP (mantan Tenaga Kesehatan Haji Daerah dan Tenaga Kesehatan Haji Khusus-ONH plus), mengatakan bahwa selama di Madinah para calon jamaah haji akan melaksanakan Sholat Arbain atau sholat berjamaah 40 waktu di Mesjid Nabawi.
 
"Umumnya para jamaah berusaha dapat melaksanakan Sholat Arbain dengan lengkap, namun yang harus diperhatikan adalah udara panas dan aktifitas di udara terbuka, sebaiknya itu dihindari," ujarnya pada keterangan pers yang diterima oleh Okezone, Kamis (4/9/2014).
 
"Bahkan diinformasikan bahwa suhu udara Madinah di siang hari bisa mencapai 40-50 derajat celcius," tambahnya.
 
Sementara itu, tahun ini jumlah jamaah haji Indonesia sebanyak 168.800 orang yang terdiri atas 155.200 jemaah haji reguler dan 13.600 jemaah haji khusus. Para jamaah melalui penerbangan panjang dan melelahkan, sehingga bila pertama kali naik pesawat terbang perjalanan panjang bisa menjadi sesuatu yang melelahkan. 
 
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment