Thursday, September 4, 2014

Calhaj Diingatkan Pentingnya Istirahat

Calhaj Diingatkan Pentingnya IstirahatPARA calon jemaah haji kloter pertama telah berangkat menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Jarak yang ditempuh dari Indonesia ke Arab Saudi bisa dibilang cukup jauh meski melalui penerbangan.  
Menurut Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP sekaligus mantan Tenaga Kesehatan Haji Daerah dan Tenaga Kesehatan Haji Khusus-ONH plus, selain faktor cuaca di Arab Saudi yang panas, hal lain yang dapat memperburuk kesehatan para calon jemaah haji adalah kelelahan akibat perjalanan panjang tersebut. Disamping itu, proses naik dan turun kendaraaan dari bandara menuju penginapan juga bisa menambah rasa lelah pada para calon jemaah haji. Belum lagi proses pembagian kamar yang kadang kala berlarut-larut, Dr Ari berpendapat hal ini pada akhirnya akan membuat para calon jamaah haji semakin kelelahan.
 
"Oleh karena itu hal yang perlu dicermati oleh para jamaah dan para pimpinan kelompok adalah agar bagi para jamaah tersedia waktu istirahat yang cukup setelah sampai di penginapan," ujarnya pada keterangan pers yang diterima oleh Okezone, Kamis (4/9/2014).
 
Sayangnya, kebanyakan para calon jemaah haji menganggap bahwa rasa syukur dan keinginan untuk segera melihat Masjid Nabawi, serta berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW akan mengalahkan rasa lelah yang ada selama perjalanan dan sampai di penginapan. Meski rasa syukur dan keinginan tersebut dapat mengalahkan rasa lelah, para calon jemaah haji juga perlu waktu istirahat.
 
"Walau bagaimanapun secara keseluruhan tubuh kita juga perlu istirahat, meskipun kadang kala semangat yang ada dapat mengalahkan kelelahan tersebut," tuturnya.
 
Dr Ari juga menhgimbau kepada para pimpinan kelompok untuk selalu mengingatkan calon jemaah haji akan pentingnya waktu istirahat. Terlebih lagi, rangkaian haji adalah wukuf di Arafah yang masih akan dilaksanakan beberapa minggu setelah para calon jemaah haji tiba di Arab Saudi.
 
"Para jamaah haji harus selalu diingatkan bahwa puncak rangkainan haji adalah wukuf di Arafah yang masih akan terjadi beberapa minggu kedepan," tutupnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment