Friday, September 19, 2014

BKKBN: Jabar Jadi Jawara Ledakan Penduduk

BKKBN: Jabar Jadi Jawara Ledakan PendudukPENDUDUK Indonesia menduduki posisi keempat terbesar di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika. Laju pertumbuhan penduduk di dunia terus meningkat drastis dalam kurun periode tertentu.
 
Penduduk di bumi menyentuh angka satu miliar orang pertamanya pada 1800, sedangkan satu miliar orang keduanya hanya dalam kurun waktu 130 tahun, dan satu miliar ketiganya dalam kurun waktu 30 tahun, dan satu miliar terakhirnya hanya dalam waktu 12-13 tahun. Belum lagi tantangan bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia.
 
Kecepatan pertumbuhan penduduk dunia membuat tahun 2050, penduduk bumi mencapai 10,6 miliar. Catatan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), nantinya Tiongkok akan disalip India, lalu Nigeria akan menyalip Amerika dan India, sedangkan Indonesia akan disalip oleh Pakistan.
 
"Kita punya laju pertumbuhan penduduk diperkenalkan rasional berhasil diturunkan tahun 1990-2000 setiap tahun lajunya 1,45 persen. Waktu itu kita mau turunkan lagi 1,27 persen namun tak turun malah naik 1,49 persen," tegas Kepala BKKBN Fasli Jalal di Kampus UI Depok, belum lama ini.
 
Fasli memprediksi jika Indonesia mencapai 343 juta jumlah penduduk akan terlalu berat dalam hal pangan, air bersih, dan biaya pendidikan.
Jawa Barat pun masih menduduki puncak ranking jumlah penduduk terbanyak.
 
"Jabar masih terbesar 45 juta penduduk, dan akan jadi 58 juta tahun 2035. Sama dengan jumlah penduduk 12 negara Eropa, dan ini harus kita kendalikan," tutupnya.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment