Saturday, September 20, 2014

Berikan ASI Ekslusif, Ibu Terhindar Jenis Kanker

Berikan ASI Ekslusif, Ibu Terhindar Jenis KankerPEMBERIAN ASI ekslusif selama enam bulan tidak hanya memberikan banyak manfaat bagi seorang bayi, melainkan sang ibu sendiri. Lalu, mengapa memberikan ASI ekslusif selama enam bulan juga memiliki manfaat bagi ibu?
 
Seperti dikatakan oleh Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Dr. Utami Roesli, Sp.A bahwa memberikan ASI esklusif selama enam bulan juga akan meningkatkan kualitas hidup ibu. Sebuah penelitian pada tahun 2011 menyatakan bahwa selain ada anti bakteri dan virus, ternyata para peneliti juga menemukan adanya anti tumor di dalam ASI.
 
?Kalau ada tumor apa saja, maka ini di dalam tubuh ibunya akan menggerogoti. Oleh karena itu, seorang ibu yang memberikan ASI-nya akan terhindar dari kanker payudara, kanker rahim dan kanker indung telur,? jelasnya kepada Okezone di RS St Carolus Salemba, Jakarta, belum lama ini.
 
Lebih dari itu, Utami Rusli yang juga Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia mengatakan bahwa memberikan ASI ekslusif juga membuat seorang ibu terhindari dari penyakit diabetes. Bukti tersebut diungkapkan oleh Utami Rusli berdasarkan penelitian pada tahun 2010 mengenai dampak pemberian ASI ekslusif terhadap bayi.
 
?Penelitian pada tahun 2010 ini melibatkan 704 ibu yang setelah diikuti selama 20 tahun ternyata risiko diabetes mereka 86 persen turun. Begitu juga dengan penurunan risiko terhadap penyakit hipertensi, stroke dan penyakit jantung koroner pada penelitian sebelumnya di tahun 2009. Banyak sekarang ibu-ibu yang harus memakai cincin atau by pass di jantung mereka karena tidak menyusui,? tutupnya.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment