Friday, September 19, 2014

Begini Cara Melakukan IMD yang Benar

Begini Cara Melakukan IMD yang BenarKEBERHASILAN pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif selama enam bulan akan meningkatkan kualitas hidup bayi dan ibu. Namun, sayangnya dalam proses menyusui yang paling sering kurang tepat adalah Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Dr. Utami Roesli, Sp.A. Menurutnya, proses IMD sering kurang tepat karena adanya pemikiran yang salah terhadap proses awal menyusui ini.

"IMD dianggap proses menemukan puting, sehingga biasanya langsung disodorkan kepada ibunya selama 15 menit, setelah itu diangkat dan dijauhkan dari ibunya karena telah menemukan puting," ujarnya kepada Okezone di RS St Carolus Salemba, Jakarta.

"Bayi yang seperti itu pada usia 34 menit akan cari ibunya di kamar bayi, ini bukan IMD yang benar," tambahnya.

Lebih lanjut, Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ini menjelaskan bahwa IMD sebenarnya adalah proses menyusui yang dimulai secepatnya. Caranya, begitu bayi lahir langsung dikeringkan, kemudian tali pusat dipotong lalu diletakkan di dada ibu, serta dibiarkan kulit bayi melekat dengan kulit ibu.

"Sekali lagi, IMD yang benar adalah begitu lahir dikeringkan kemudian dibiarkan minimal kulit bayi melekat pada kulit ibu bagian dada setidaknya satu jam," tuturnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment