Friday, September 19, 2014

Bayi Tidak Akan Kedinginan saat IMD

Bayi Tidak Akan Kedinginan saat IMD   PROSES Inisiasi Menyusui Dini (IMD) seringkali tidak berjalan dengan tepat karena hanya dianggap harus menemukan puting ibu. Bayi seringkali diangkat dari dada ibu setelah 'dipaksa' menemukan puting ibu.

Padahal, semestinya bayi dibiarkan melekat di dada ibu minimal selama 60 menit. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan ibu merasa takut bayi akan kedinginan bila dibiarkan begitu saja di dada ibu.

Namun, hal tersebut coba diluruskan oleh Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit St. Carolus Salemba, Dr. Utami Roesli, Sp.A. Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ini mengatakan bahwa bayi tidak akan merasa kedinginan kalaupun harus berada di dada ibu selama satu jam.

"Menurut penelitian tahun 2005 dan 2007, bila bayi diletakkan di dada ibunya mengalami kedinginan, maka suhu di dada ibu akan meningkat 2 derajat celsius untuk menghangatkan bayinya," ujarnya kepada Okezone di RS St Carolus Salemba, Jakarta.

Sebaliknya, bila bayi merasa kepanasan, maka suhu di dada ibu akan menurun 1 derajat celsius untuk mendinginkan atau menyamankan. Karena itu, Utami Rusli menekankan berapa pun lamanya bayi di dada ibu tidak akan merasa kedinginan atau kepanasan.

"Jadi, mau beberapa jam pun asal diselimuti dan dikenakan topi itu tidak masalah, karena suhu ibu akan menyesuaikan, sehingga tempat terbaik bayi setelah lahir adalah dada ibunya," tutupnya.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment