Sunday, September 7, 2014

Barack Obama Kirim Militer AS Perangi Ebola

Barack Obama Kirim Militer AS Perangi EbolaPRESIDEN Amerika Serikat Barack Obama akan mengirimkan pasukan militernya untuk membantu mengatasi ancaman epidemi virus ebola di Afrika Barat. Barack Obama berasalan bahwa epidemi ebola merupakan masalah keamanan nasional yang serius.

Keputusan akan melibatkan pasukan militer dalam menyediakan peralatan kesehatan dan bantuan lainnya untuk petugas kesehatan internasional di Afrika ini muncul setelah seruan dari beberapa kelompok. Seruan paling menonjol datang dari the International Medical Organization Doctors Without Borders.

Barack Obama mengatakan, epidemi yang telah menewaskan setidaknya 2.100 orang di lima negara benua Afrika ini memang tidak akan menyebar ke Amerika Serikat dalam jangka waktu dekat. Namun, bukan tidak mungkin bila penularan virus ebola nantinya lebih meluas ke berbagai negara jika tidak diatasi.

?Jika Amerika Serikat dan negara-negara lain tidak mengirimkan peralatan yang dibutuhkan petugas kesehatan dan masyarakat di sana, maka situasi bisa berubah dan virus tersebut dapat bermutasi menjadi lebih menular, kemudian bisa menjadi bahaya serius bagi Amerika Serikat,? katanya, sebagaimana dikutip Tampabay, Senin (8/9/2014).

?Kita akan mengirimkan pasukan militer Amerika Serikat hanya untuk mengatur, misalnya unit isolasi dan peralatan di sana,? tambahnya.

Untuk diketahui, jumlah kasus ebola di Afrika Barat telah mencapai 4.000 dan hampir 2.000 di antaranya meninggal dunia. Negara-negara yang paling terdampak virus mematikan ini adalah Liberia, Guinea, Nigeria, dan Sierra Leone. (ren)

»

0 comments:

Post a Comment