Friday, September 12, 2014

ASI Eksklusif untuk Pembangunan Bangsa

ASI Eksklusif untuk Pembangunan BangsaINVESTASI gizi sangat penting bagi pembangunan bangsa Indonesia. Salah satunya dengan pemberian ASI ekslusif sampai 2 tahun.

Investasi gizi melalui ASI ekslusif akan memproduksi generasi baru yang akan menentukan masa depan Indonesia. Bahkan, Direktur bina gizi kemenkes, Doddy izwardy mengatakan bahwa mengatakan bahwa bila pemerintah mau menginvestasikan gizi, maka akan turut membantu memutus lingkaran kemiskinan. Selain itu, investasi gizi juga bisa meningkatkan PDB negara sekira dua sampai tiga persen per tahun.

"Investasi satu dolar pada gizi dapat menghasilkan kembalinya 30 dolar dalam peningkatan kesehatan, pendidikan, dan produktivitas enonomi," ujarnya pada konferensi pers Pekan ASI Sedunia 2014 di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/9/2014).

Sementara itu, menurut Konsultan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, Utami Rusli, ASI ekslusif juga sangat penting dalam upaya Indonesia mengejar target MDG's di tahun 2015. Target MDG's yang dikejar dengan pemberian ASI ekslusif adalah goals ke 4 dan 5, karena terkait dengan ibu dan anak.

"Jadi, breastfeeding dengan benar akan mempercepat pencapaian target Millenium Development Goal (MDG's), terutama MDG's 4 mortalitas dan morbiditas anak dan MDG's 5 kualitas hidup ibu. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment