Saturday, September 20, 2014

ASI Eksklusif Cegah Penyakit Kuning Bayi

ASI Eksklusif Cegah Penyakit Kuning BayiPENYAKIT kuning atau hiperbilirubinemia pada bayi terjadi karena kelebihan bilirubin yang terbuang ke aliran darah. Untuk menguranginya, pemberian air susu ibu pada bayi dapat membantu.  
?Untuk mengurangi kuning pada bayi yang baru lahir, sebaiknya bayi diberi ASI eksklusif untuk meningkatkan pembuangan bilirubin lewat buang air besar,? kata dokter spesialis anak dr. S. Djokomuljanto, M.Med, SpA kepada Okezone melalui pesan elektronik, Minggu (21/9/2014).
 
Peningkatan kadar bilirubin dalam pembuluh darah dapat terjadi jika bilirubing tidak dapat berkonjugasi atau larut dalam air. Warna kuning pada tubuh bayi dapat muncul ketika bayi tidak mendapatkan cukup ASI. Ini ditandai dengan perubahan warna kulit dan konjungtiva (selaput mata) yang nampak kekuningan.
 
?Jika bayi terlihat kuning, segera bawa ke dokter anak untuk memastikan apakah kuning itu memerlukan terapi atau tidak. Ini juga untuk meyakinkan orangtua bahwa kuningnya tidak berbahaya,? tutup dokter dari Rumah Sakit Siloam Lippo Village Karawaci, Tangerang ini.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment