Monday, September 8, 2014

Angka Kematian Ibu & Bayi di Dunia Masih Tinggi

Angka Kematian Ibu & Bayi di Dunia Masih TinggiJUMLAH kelahiran penduduk dunia yang terus meningkat secara global turut menyumbangkan jumlah angka kematian ibu dan bayi. Dalam menghadapi kondisi tersebut, peran bidan menjadi sangat penting untuk menyelamatkan kesehatan ibu dan bayi, baik saat kehamilan sampai kelahiran.  
Laporan yang dirilis oleh UNFPA bekerja sama dengan Konfederasi Bidan Internasional (ICM) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diberi judul ?The State of the World's Midwifery (SoWMy) 2014: A Universal Pathway. A Woman's Right to Health?. Laporan ini memaparkan tantangan yang dialami tenaga kerja kebidanan di 73 negara Afrika, Asia, dan Amerika Latin di mana layanan kebidanan sangat dibutuhkan.
 
"Ke-73 negara yang terwakili dalam laporan tersebut menyumbang 96 persen dari jumlah kematian ibu melahirkan, 91 persen kematian bayi baru lahir, 93 persen kematian bayi baru lahir secara global," tutur Jose Ferraris, perwakilan UNFPA untuk Indonesia yang ditemui dalam acara "Sosialisasi Hasil Kongres Bidan Internasional dan Laporan Situasi Kebidanan Dunia Tahun 2014" di Jakarta, Senin (8/9/2014).
 
Jose Ferraris menyatakan bahwa peran bidan sangat ditentukan oleh jumlah dan kualitas bidan itu sendiri.

"Bidan berperan dalam memastikan kehamilan dan kelahiran yang terencana dan aman. Dibekali dengan dukungan dan pelatihan yang tepat, bidan dapat berpotensi mengurangi kematian ibu dan bayi baru lahir sebesar dua per tiga, dan memberikan 87 persen pelayanan kesehatan penting yang dibutuhkan ibu dan bayi baru lahir," tambah Jose Ferraris.
 
Bidan memiliki peran penting untuk mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) ke-4, yaitu dalam hal penurunan kematian anak dan ke-5 dalam hal meningkatkan kesehatan ibu. Target Indonesia yang masuk dalam 73 negara yang disebutkan dalam laporan SoWMy untuk mengurangi angka kematian ibu dari 109 menjadi 102 kematian per 100.000 jumlah kelahiran hidup pada akhir 2015.
 
Oleh karena itu, ?Sosialisasi Hasil Kongres Bidan Internasional dan Laporan Situasi Kebidanan Dunia? tahun ini dilaksanakan untuk mendorong lebih banyak pihak yang berkepentingan secara aktif terlibat dalam meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan, penerimaan, dan kualitas dari tenaga kerja kebidanan di Indonesia.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment