Friday, September 12, 2014

Alzheimer Tidak Bisa Sembuh

Alzheimer Tidak Bisa SembuhALZHEIMER merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa diobati. Obat yang ada sekarang hanya untuk meningkatkan kualitas hidup penderitanya agar bisa menjalani aktivitas lebih baik.

Jika demikian adanya, adakah terapi yang efektif untuk bisa menyembuhkan Alzheimer? pakar syaraf dari Universitas Atmajaya, Dr.dr. Yuda Turana mengatakan bahwa tidak ada terapi yang efektif untuk menyembuhkan penyakit seperti Alzheimer.   
"Tidak ada terapi yang efektif kalau kita berbicara diagnosis demensia Alzheimer, itu seperti menjawab pertanyaan 'terapi paling efektif untuk kanker stadium 4 apa?' Itu susah jawabnya," ujarnya di Erasmus Huis Pusat Kebudayaan Belanda, Jl. HR Rasuna Said Kav. S-3, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
 
Lebih lanjut, Dr Yuda menjelaskan bahwa dalam menangani penyakit Alzheimer sama halnya dengan penyakit kanker stadium 4. Artinya, menurut Dr Yuda dalam penanganan penyakit Alzheimer tidak berbicara kesembuhan, melainkan survival rate.
 
"Itu termasuk penyakit yang disebut long say goodbye atau 8 sampai 10 tahun. Oleh karena itu pula yang membuat cost biaya pengobatan Alzheimer lebih tinggi dibanding penyakit jantung, karena yang menjadi masalah bukan hanya pasiennya, melainkan keluarga yang tidak kerja karena harus merawatnya," tutupnya.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment