Tuesday, September 9, 2014

Alasan Pasien Kanker Terlambat Didiagnosa

Alasan Pasien Kanker Terlambat DidiagnosaBERDASARKAN data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 prevalensi kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1.000 penduduk. Artinya pada tahun 2013, terdapat sekira tiga juta orang pasien kanker di Indonesia.

Salah satu penyebab masih tingginya angka prevalensi kanker di Indonesia adalah pasien kanker datang pada stadium lanjut. Bahkan, Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, M.Epid, mengatakan bahwa hampir 70 persen pasien ke Rumah Sakit Dharmais sudah dalam kondisi stadium lanjut.

"Hampir 70 persen pasien kanker yang datang dalam kondisi stadium lanjut. Penyebabnya ada yang sudah berobat ke mana-mana dulu, tetapi paling sedikit itu 70 persen, kan itu sangat disayangkan karena bisa jadi pengobatannya lebih mahal," jelasnya di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, dr Sonar mengatakan bahwa banyak fakto yang menyebabkan pasien-pasien tidak langsung melakukan pengobatan atau deteksi dini ke fasilitas kesehatan. Menurut dr Sonar, salah satu penyebabnya adalah iklan-iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan hingga pada akhirnya pasien kanker datang pada stadium lanjut di rumah sakit.

"Harusnya pasien kanker itu kan periksa sedini mungkin, tetapi yang membuatnya lebih susah adalah banyak sekali iklan-iklan pengobatan alternatif yang menurut saya kurang baik, sehingga menyesatkan," tuturnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment