Wednesday, September 10, 2014

Aktif di Kegiatan Sosial Perlambat Alzheimer

Aktif di Kegiatan Sosial Perlambat AlzheimerDEMENSIA merupakan penurunan fungsional otak yang tidak dapat dihindari. Salah satu risiko terbesar dari demensia adalah Alzheimer.

Hal inipun juga disampaikan oleh Direktur Utama Rumas Sakit Umum Pusat nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr.dr. Czeresna Heriawan Soejono, SpPD, KGer. Karenanya, aktif di kegiatan luar rumah menjadi cara terbaik untuk memperlambat demensia.

"Memperbanyak aktivitas sosial seperti mengunjungi saudara, kerja sosial dan melakukan ibadah dapat mencegah penurunan fungsi kognitif di usia tua," ujarnya di Jakarta Selatan, Rabu 10 September 2014.

Dr Heriawan bercerita punya pengalaman sendiri pada ibunya yang ketika itu berusia 85 tahun ini berhenti dari aktivitasnya mengasuh anak cacat di YPAC. Ketika itu, Dr Heriawan bertanya, mengapa ibu ingin berhenti? ternyata ibu Dr Heriawan sudah terlalu lelah untuk beraktivitas sosial karena usianya.

Lebih lanjut, sang ibu memang menderita diabetes sudah 10 tahun, tekanan darah tinggi sudah 17 tahun, dan disertai dengan kolesterol tinggi belasan tahun. Dengan kata lain, Dr Heriawan mengetahui semua faktor risiko demensia memang  ada pada ibunya.

"Tetapi kemudian karena rajin minum obat yang saya cek teratur, semua faktor risikonya jadi terkendali. Tetapi, ada satu hal, ibu saya ingin berhenti beraktivitas sosial. Jadi, ketika itu saya tawarkan untuk diantar kalau memang dia takut, dan ternyata bersedia, dia tetap bisa melakukan berbagai aktivitas sehingga kemunduran yang terjadi," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment